TERBARU! Wisata RAFTING dan TUBING di Wisata Pandansari Batang

oleh -63 views
Wisata Pandansari Batang
Wisatawan sedang menikmati wisata tubing di Desa Wisata Pandansari, Kabupaten Batang, Kamis (3/5/2018).(Fian/Republika.co)

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG – Kabupaten Batang di Jawa Tengah punya tempat rafting sekaligus tubing yang ramah anak. Berbeda dengan lokasi-lokasi lainnya, di mana rafting atau tubing hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa. Saluran irigasi lebar tujuh meter warisan Belanda sejak tahun 1800-an dimanfaatkan oleh warga Desa Wisata Pandansari untuk dua jenis wisata ini.

Desa Wisata Pandansari terletak di Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dari jalur Pantura, waktu tempuhnya sekitar 20 menit.

Bagi wisatawan dewasa, jalur yang digunakan sepajang empat kilometer dengan rintangan mulai dari jeram, air terjun kecil, hingga jembatan kayu.

Sedangkan untuk anak-anak, jalur lintasannya dua kilometer dengan rintangan jeram kecil.

“Batas usia terkecil bisa tiga tahun, sampai SD kelas enam. Di atas itu masuk dewasa, panjang lintasan empat kilometer lamanya satu jam,” terang Aminudin AP, Ketua Komuitas Pecinta Alam ETOM, Desa Wisata Pandan Sari, saat dikunjungi KompasTravel, Kamis (3/5/2018).

Wisatawan di bawah enam tahun bisa menggunakan perahu karet dengan keamanan khusus. Satu perahu diisi 12 orang termasuk pemandu di dalamnya.

“Untuk anak-anak kita namainnya rafting mengenal sungai, jadi isinya lebih ke edukasi dibanding adventure. Namun, tetap pakai peralatan standar rafting,” kata Aminudin.

Wisata Pandansari Batang
Wisatawan sedang menikmati wisata tubing di Desa Wisata Pandansari, Kabupaten Batang, Kamis (3/5/2018).(Fian/Republika.co)

Wahana si kecil – Wisata Pandansari Batang

Bagi keluarga yang ingin berlibur ke sini, sebelum berpetualang menyusuri sungai, Anda bisa mengajak si kecil bermain outbond yang edukatif.

Terdapat berbagai macam wahana outbond edukatif. Mulai dari menangkap ikan, menanam padi, dan permainan kekompakan tim lainnya.

Tidak jarang para siswa SD berkemah sembari menikmati suasana malam di desa ini. Desa wisata yang dikelola komunitas masyarakatnya ini memang menyediakan paket berkemah di sawah.

“Kita biasa family gathering, dan paket kemping, sudah disiapkan dengan alat-alatnya berupa tenda dan lain-lain. Ada juga hiking ke dua desa untuk lihat Curug Bidadari, baru ke Pandansari untuk outbond,” jelas Aminudin.

Desa wisata ini melayani wisatawan setiap hari, kecuali Jumat. Karena banyak wisatawan anak-anak, tempat ini malah ramai saat hari kerja oleh kunjungan sekolah. Buka pukul 07.00 – 16.00 WIB. Jika penasaran, Anda bisa memesan jadwal terlebih dahulu tiga hari sebelumnya ke media sosial instagram @deswitapandansari. (*)

Artikel ini sudah tayang di : https://travel.kompas.com/read/2018/05/14/163300427/wisata-rafting-dan-tubing-tak-hanya-untuk-orang-dewasa-

Komentari Berita

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *